Salam semangat :)
Kesibukan dengan aktivitas kerja sempat membuat saya merindukan blog pribadi ini. Lama sudah tak dipermak, tak pula di isi kontent-nya. Tapi seperti jargon aktor Terminator Mr. Arnold Schwarzenegger katakan : " I'm Back."
Kembali kita ke topik resolusi marketing di tahun 2013. Bagi UKM ada beberapa hal yang menjadi bahan pertimbangan bagi Anda untuk keputusan marketing campaign yang akan Anda implementasikan di tahun 2013 ini dengan segenap dinamika perkembangan dunia digital dalam hal ini erat kaitannya dengan social media. Berikut kutipan yang saya ambil dari artikel marketing.co.id :
Kembali kita ke topik resolusi marketing di tahun 2013. Bagi UKM ada beberapa hal yang menjadi bahan pertimbangan bagi Anda untuk keputusan marketing campaign yang akan Anda implementasikan di tahun 2013 ini dengan segenap dinamika perkembangan dunia digital dalam hal ini erat kaitannya dengan social media. Berikut kutipan yang saya ambil dari artikel marketing.co.id :
1: Tidak lebih statis, website yang membosankan 
Sebuah website statis yang hanya  bercerita tentang Anda tidak lagi menjadi alat pemasaran yang berguna.  Tidak seorang pun memiliki waktu untuk membaca tentang betapa hebatnya  Anda jika mereka tidak tahu apa yang dapat Anda lakukan untuk mereka.
Sebagai gantinya, ubahlah website Anda  menjadi sebuah perangkat yang berguna untuk membantu prospek Anda  memahami siapa diri Anda dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mereka  sambil membuat lebih mudah bagi mereka untuk menghubungi Anda.
Untuk melakukan transformasi ini,  tambahkan konten untuk rencana pemasaran Anda. Menciptakan kualitas  konten yang relevan, menarik perhatian target pasar Anda dan posisi Anda  sebagai ahli dalam industri Anda. Apakah Anda ingin menghasilkan konten  atau tidak, Anda harus menemukan cara untuk membuat informasi yang  membantu pelanggan Anda. Bagaimana Anda memberikan informasi ini akan  bergantung pada audiens target Anda.  Anda hanya perlu membuatnya  semudah mungkin bagi mereka ingin mengkonsumsi atau memperoleh konten  Anda.
Dengan membantu memberikan konten, Anda:
- Mendidik prospek anda
 - Menarik perhatian mereka
 - Mendapatkan rasa hormat dari mereka
 - Mendapatkan kepercayaan mereka
 
Ketika seseorang sudah tahu dan mereka  ingin bekerja sama dengan perusahaan Anda, respon dengan cepat  permintaan inbound mereka. Hal ini akan terus meningkatkan hubungan  dengan mereka dan Anda memulainya dengan konten Anda.
2: Konten baru merupakan keharusan untuk kelangsungan hidup pemasaran online
Sebuah rencana konten dan kalender editorial akan membantu Anda membuat sebuah road map untuk apa konten Anda akan berkembang selama beberapa waktu. Apakah  Anda merencanakan untuk 12 bulan atau beberapa minggu, membuat  perencanaan ke depan akan membantu Anda untuk tidak membuang-buang waktu  untuk mencoba mencari tahu dan memproduksi konten apa dan dengan media  apa – teks, video atau audio. Anda mungkin ingin memeriksa kalender  Editorial plugin WordPress untuk merencanakan posting Anda.
3: SEO merupakan tanggung jawab si pemilik bisnis kecil
Dengan adanya perubahan terhadap  algoritma pencarian Google selama setahun terakhir ini, SEO gaya lama  tak lagi berfungsi, dan pada kenyataannya masih banyak teknik SEO lama  yang di pakai yang justru bisa mematikan visibilitas Anda.
Hal terbaik yang dapat Anda lakukan  adalah sedikit mempelajari tentang SEO, apa yang berfungsi dan mana yang  tidak. Dengan begitu, Anda dapat menentukan apakah harus merekrut  sebuah perusahaan pemasaran lokal terpercaya untuk membantu Anda atau  melakukannya sendiri.
Mulailah dengan on-page SEO untuk website WordPress Anda. Menginstal plugin yang disebut WordPress SEO dan meluangkan beberapa waktu untuk mempelajari bagaimana menggunakannya. Plugin ini akan membantu Anda berjalan melalui proses SEO untuk setiap halaman atau memposting di website Anda.
4: Dukungan pengunjung seluler
Handphone adalah cara orang menggunakan  Internet sekarang. Pastikan website Anda mendukung akses mobile juga  sehingga Anda tidak kehilangan peluang ini.
Kebanyakan bisnis kecil kesulitan untuk  memiliki dua situs web browser dan situs web mobile yang dirancang dan  dikembangkan. Jika Anda ingin melakukan pengalihan website Anda ke tema  responsif, maka Anda mampu mendukung semua perangkat dengan mudah.
Desain web responsif menanggapi ukuran  dari perangkat yang sedang digunakan. Ada banyak tema WordPress  responsive gratis maupun yang premium yang tersedia.
Meskipun tema responsif mungkin bukan  pilihan yang tepat untuk semua situs web, keuntungan dari desain tema  responsif lebih besar daripada negatifnya. Oleh karena itu, kemungkinan  besar ini akan menjadi solusi yang paling populer bagi bisnis kecil  untuk dukungan mobile.
5: pemasaran Email belum mati
Apakah Anda mengembangkan daftar opt-in email untuk bisnis Anda? Pemasaran email melengkapi keberadaan online  Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk menjangkau orang-orang yang telah  menunjukan ketertarikan mereka pada Anda.
Buatlah bagian dari rencana konten Anda  untuk menciptakan produk yang berharga seperti alat ebook, whitepaper,  atau yang berguna lainnya. Berikan secara gratis ketika mereka mendaftar  untuk daftar email Anda.
 Kemudian mengembangkan strategi konten  yang berlanjut hingga Anda dapat membantu permasalahan yang mereka  hadapi. Hal ini akan terus mengembangkan hubungan dengan pelanggan dan  menarik perhatian mereka yang tertarik dengan bisnis Anda.
6: Kehadiran optimasi Web adalah masa depan
Adanya pengoptimalan web akan membantu  Anda secara konsisten meningkatkan jejak digital bagi bisnis Anda dan  memperluas kehadiran Anda ke situs media sosial yang tepat:
- Menciptakan visibilitas lebih untuk merek anda
 - Memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan orang-orang online selain Offline
 
Menarik perhatian klien ideal Anda  melalui informasi yang berguna dan alat-alat yang membantu mereka  memecahkan masalah tertentu. Tinjau terus keberadaan Anda di situs media  sosial untuk memastikan apakah Anda perlu memusatkan sedikit perhatian  atau memperluas kehadiran Anda ke platform lainnya.
Situs baru seperti Pinterest, menawarkan  bisnis secara visual dengan cara mudah untuk berbagi pekerjaan mereka  melalui akun bisnis Pinterest.
Dapatkah pelanggan menemukan bisnis online Anda di masa depan?
Evaluasilah bisnis Anda berdasarkan pada  enam tren pemasaran bisnis kecil ini untuk memastikan apakah Anda harus  melakukan sesuatu yang berbeda secara drastis.
Jika Anda terjebak dalam kebiasaan  pemasaran online dengan satu Website, tidak mendukung mobile, atau tidak  ada konten baru untuk membantu prospek Anda memecahkan masalah, maka  sudah saatnya bagi Anda untuk mengambil kendali.
Infographic ini akan membantu Anda menentukan strategi pemasaran UKM ke depan.
Infographic ini akan membantu Anda menentukan strategi pemasaran UKM ke depan.
Semoga bermanfaat :)

No comments:
Post a Comment